Calon presiden AS dari Partai Republik menuju ke Taiwan, Jepang | Berita Politik

Calon presiden AS dari Partai Republik menuju ke Taiwan, Jepang |  Berita Politik

Kunjungan itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan atas Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya sendiri.

Gubernur negara bagian Virginia AS dari Partai Republik bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen saat calon dari Partai Republik untuk pemilihan presiden AS 2024 berupaya meningkatkan kampanye mereka dengan tur internasional.

Glenn Youngkin, mantan manajer hedge fund yang memenangkan kemenangan mengejutkan dalam pemilihan gubernur Virginia, bertemu Tsai Ing-wen di Taipei pada hari Selasa sebagai bagian dari misi perdagangan, kata kantor mereka.

Taiwan adalah “mitra penting dan model kemakmuran bagi negara-negara di seluruh dunia,” kata Youngkin saat mengumumkan pendirian kantor pengembangan ekonomi Taiwan-Virginia.

Tsai mengatakan dia senang menerima teman dari AS, menambahkan bahwa Taipei selalu menikmati hubungan yang kuat dengan negara bagian Virginia.

“Gubernur Youngkin telah memilih Taiwan sebagai tujuan untuk perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjabat sangat penting,” katanya.

Gubernur, seorang bintang Republik yang sedang naik daun dan dianggap sebagai calon pesaing untuk nominasi 2024—meskipun dia belum mengumumkan pencalonannya—juga dijadwalkan untuk mengunjungi Korea Selatan dan Jepang.

Gubernur Florida dan penantang potensial Ron DeSantis, yang juga sedang dalam tur internasional, sudah berada di Tokyo dan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada hari Senin. Calon terdepan Partai Republik adalah mantan Presiden Donald Trump, yang mengumumkan pencalonannya November lalu.

Gubernur Florida Ron DeSantis bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.  Mereka berjabat tangan dan tersenyum.
Gubernur Florida Ron DeSantis berhenti di Jepang sebagai bagian dari tur empat negara yang juga akan mencakup Korea Selatan, Israel, dan Inggris (Kimimasa Mayama/Pool via Reuters)

DeSantis memuji Jepang sebagai “sekutu besar” bagi AS dan menyambut baik ekspansi militer lima tahun senilai $315 miliar yang diluncurkan Jepang tahun lalu dalam menghadapi China yang semakin kuat dan ketika Korea Utara meningkatkan peluncuran misilnya secara intensif.

“Kami sangat memuji upaya Anda untuk memperkuat pertahanan Anda. Kami memahami ini adalah lingkungan yang sulit di sini… dan kami benar-benar percaya bahwa Jepang yang kuat baik untuk Amerika, dan Amerika yang kuat baik untuk Jepang,” kata DeSantis, yang juga mengunjungi Korea Selatan, Israel, dan Inggris akan melakukan perjalanan. .

Kunjungan tersebut dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut terkait Taiwan yang demokratis, yang diklaim Beijing sebagai miliknya dan menolak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuannya.

China menggelar latihan perang berhari-hari setelah Ketua DPR AS Kevin McCarthy, juga seorang Republikan, bertemu Tsai di California awal bulan ini.

Beijing mengklaim Tsai adalah seorang “separatis” yang menginginkan kemerdekaan.

Dia mengatakan terserah rakyat Taiwan untuk menentukan masa depan mereka.

AS memiliki hubungan formal dengan Beijing, tetapi merupakan pendukung internasional utama Taiwan.

data hk terlengkap