Turki untuk memberikan suara dalam pemilihan kunci, Erdogan menghadapi ujian terberat | Berita Politik

Turki untuk memberikan suara dalam pemilihan kunci, Erdogan menghadapi ujian terberat |  Berita Politik

Instanbul, Turki – Saat negaranya berada di ambang peringatan seratus tahun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyebut 100 tahun ke depan sebagai “Abad Turki”.

Pemilihan 14 Mei dapat digambarkan dengan istilah yang sama mencoloknya – baik perpanjangan dari pemerintahan dua dekade Erdogan atau pemerintah yang menjanjikan kembali ke sistem parlementer dari presidensi eksekutif saat ini.

Pemilihan presiden dan parlemen dianggap oleh banyak orang sebagai yang paling penting sejak Turki mengadakan pemungutan suara multipartai pertama yang adil pada tahun 1950, juga pada 14 Mei.

Itu terjadi dengan latar belakang krisis biaya hidup yang memuncak pada 85 persen pada Oktober dan gempa bumi pada Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di negara itu.

Erdogan, yang berkuasa pada tahun 2003, menawarkan visi pengembangan lebih lanjut dan berjanji untuk memperluas perbaikan yang dilakukan oleh pemerintahan Partai Adalet ve Kalkınma (Keadilan dan Pembangunan, Partai AK).

Ini adalah pemilihan nasional kedua di bawah sistem presidensial yang memusatkan kekuasaan di tangan Erdogan.

penantang Erdogan

Penantang oposisi utama, Kemal Kilicdaroglu, telah menjanjikan demokratisasi lebih lanjut dan membalikkan “aturan satu orang” Erdogan sambil menangani apa yang disebutnya salah urus ekonomi.

“Mungkin ini akan menjadi pemilihan paling kritis dalam sejarah republik ini,” kata Bulent Kusoglu, wakil ketua Partai Cumhuriyet Halk (Partai Rakyat Republik, CHP) dari Kilicdaroglu.

“Ada juga kebangkitan di masyarakat. Dengan kebangkitan ini, jika kita berhasil dalam pemilu, masyarakat akan mencapai titik yang jauh lebih baik.”

Ravza Kavakci Kan, anggota parlemen dari Partai AK, juga menekankan pentingnya pemungutan suara. “Pemilihan ini sangat penting karena saat ini kita berada pada kecepatan di mana banyak proyek bagus dibawa ke publik.”

“Untuk kelanjutan proyek-proyek tersebut dan untuk menawarkan proyek-proyek baru, terutama kepada kaum muda, kami bekerja siang dan malam untuk menemukan solusi atas tantangan-tantangan baru yang mungkin muncul. Jadi ini adalah pemilihan yang sangat penting dari perspektif itu.”

Kemal Kilicdaroglu, calon presiden dari aliansi oposisi utama Turki, memberi isyarat saat rapat umum di depan
Kandidat oposisi Kemal Kilicdaroglu pada rapat umum di Bursa, Turki 11 Mei 2023 (Murad Sezer/Reuters)

Erdogan tertinggal dalam jajak pendapat

Jajak pendapat terbaru menunjukkan Kilicdaroglu memimpin Erdogan dalam pemilihan presiden, yang akan diulangi dalam dua minggu jika tidak satu pun dari tiga kandidat melewati ambang batas 50 persen. Namun, dalam pemilihan parlemen, Partai AK diperkirakan akan menjadi partai terbesar di Majelis Nasional Agung.

Penarikan calon presiden keempat – Muharrem Ince dari Partai Tanah Air – pada hari Kamis diperkirakan akan menghasilkan lebih banyak suara untuk Kilicdaroglu.

Interactive_Turkey_elections_2023_6_Cara kerja pemungutan suara - ditinjau

Sekitar 192.000 tempat pemungutan suara di 87 daerah pemilihan dibuka antara pukul 08:00 dan 17:00 (05:00 dan 14:00 GMT). Masing-masing dari 81 provinsi Turki dihitung sebagai daerah pemilihan, selain Izmir, Bursa, Istanbul dan Ankara, yang terbagi menjadi dua atau tiga daerah pemilihan.

Di seluruh negeri, 60,7 juta orang berhak memilih. Sekitar 1,8 juta warga Turki yang tinggal di luar negeri telah memberikan suara mereka di 73 negara atau di gerbang perbatasan.

Dengan pemungutan suara, presiden dan 600 anggota parlemen akan diangkat selama lima tahun. Deputi parlemen dipilih oleh perwakilan proporsional dari daftar partai.

Aliansi politik

Partai politik – 24 ambil bagian dalam pemilu – pada umumnya telah membentuk aliansi untuk mempertahankan posisi mereka. Ini memungkinkan partai-partai kecil yang berada di bawah ambang batas suara nasional 7 persen untuk masuk parlemen.

Partai AK bersekutu dengan Partai Milliyetçi Hareket (Gerakan Nasionalis, MHP) dan Partai Persatuan Besar sayap kanan, ditambah Partai Kesejahteraan Baru yang konservatif, untuk membentuk Cumhur İttifakı (Aliansi Rakyat).

CHP Kilicdaroglu adalah partai terbesar di Millet İttifakı (Aliansi Bangsa) yang beranggotakan enam orang, yang mencakup Partai İyi nasionalis (Partai Baik), Partai Saadet konservatif (Partai Felicity), Partai Demokrat kanan-tengah (Partai Demokrat) dan dua termasuk partai-partai yang didirikan oleh mantan menteri Erdogan, Partai Demokrasi ve Atılım (Demokrasi dan Kemajuan, Partai Deva) dan Partai Gelecek (Partai Masa Depan).

Partai Halkların Demokratik (Partai Demokratik Rakyat, HDP) yang pro-Kurdi, yang mengajukan kandidat di bawah bendera Partai Yeşil Sol (Partai Kiri Hijau, YSP) karena kasus pengadilan yang mengancam penutupannya, adalah partai utama dalam Partai Buruh dan Aliansi Kebebasan dengan Partai Türkiye İşçi (Partai Buruh Turki, TIP) dan beberapa kelompok sayap kiri yang lebih kecil. Itu mendukung pencalonan Kilicdaroglu.

Dua aliansi lainnya – aliansi sayap kanan Ata dan Socialist Union of Forces – juga mengajukan kandidat.

Pendukung Kemal Kilicdaroglu, calon presiden dari aliansi oposisi utama Turki, bersorak saat rapat umum menjelang pemilihan presiden dan parlemen 14 Mei di Tekirdag, Turki, 27 April 2023
Pendukung Kemal Kilicdaroglu, calon presiden dari aliansi oposisi utama Turki, bersorak saat rapat umum menjelang pemilihan presiden dan parlemen 14 Mei di Tekirdag, Turki, 27 April 2023 (Murad Sezer/Reuters)

Proses pemungutan suara

Pemilih yang memasuki tempat pemungutan suara akan memiliki dua surat suara dan memilih Erdogan, Kilicdaroglu atau Sinan Ogan, yang mewakili aliansi Ata, untuk kursi kepresidenan; mereka memilih partai politik pada pemungutan suara terpisah untuk parlemen.

Kedua surat suara dimasukkan ke dalam amplop yang sama sebelum dimasukkan ke dalam kotak suara. Suara dihitung di tempat pemungutan suara pada akhir hari, dan laporan dikirim ke kantor Dewan Pemilihan Tinggi (HCC) setempat. Suara presiden dihitung terlebih dahulu, dan harus ada indikasi yang jelas tentang hasil kepemimpinan pada Minggu malam.

Proses pemilihan dipantau secara ketat oleh para sukarelawan, seperti dari kelompok sukarelawan Oy ve Otesi (Vote and Beyond), serta perwakilan partai, dan jumlah pemilih biasanya tinggi – 87 persen dilaporkan pada tahun 2018.

Pengamat resmi menyimpan salinan laporan surat suara dari tempat pemungutan suara mereka, dan pekerja partai meneruskannya, sehingga partai politik dapat mempertahankan penghitungan suara nasional mereka sendiri. CHP mengatakan telah merekrut hampir 564.000 sukarelawan untuk memantau pemungutan suara.

Di 11 provinsi yang terkena dampak gempa bumi mematikan di bulan Februari, dewan pemilihan mendirikan tempat pemungutan suara di sekitar tempat penampungan sementara bagi para penyintas. Namun, masih belum jelas berapa dari ratusan ribu pemilih yang meninggalkan zona gempa akan kembali ke pemilu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan sekitar tiga juta orang meninggalkan daerah bencana dalam beberapa minggu setelah gempa bumi terjadi, sebagian besar ke bagian lain Turki. Dewan pemilihan mengatakan hanya 133.000 pemilih dari wilayah gempa yang mengalihkan suara mereka ke alamat baru.

“Ada banyak hal yang tidak diketahui yang hanya akan menjadi jelas pada hari pemilihan,” kata Berk Esen, asisten profesor ilmu politik di Universitas Sabanci Istanbul.

“Kami tidak memiliki data keras tentang berapa banyak yang telah meninggalkan zona gempa. Jika mereka belum mendaftar di tempat tinggal baru mereka, mereka harus secara fisik kembali ke zona gempa pada hari pemilihan dan itu bukan kemungkinan yang realistis.”

Di tengah kekhawatiran bahwa Partai AK dapat menantang kemenangan oposisi, Erdogan berjanji pada hari Kamis untuk melakukan “seperti yang diminta oleh demokrasi”.

“Saya percaya pada bangsa saya dan mereka yang tidak menghormati hasil pemungutan suara juga tidak menghormati bangsa,” katanya saat wawancara TV. Dia juga menyarankan untuk mengubah ambang batas saat ini untuk pemilihan presiden lebih dari 50 persen.

taruhan bola