Israel menyerang Gaza, menewaskan 13 orang, termasuk empat anak | Berita konflik Israel-Palestina

Israel menyerang Gaza, menewaskan 13 orang, termasuk empat anak |  Berita konflik Israel-Palestina

Israel telah melakukan serangkaian serangan di Gaza, menewaskan sedikitnya 13 orang, termasuk tiga anggota Jihad Islam Palestina (PIJ), dengan pihak berwenang Palestina mengatakan wanita dan empat anak termasuk di antara yang tewas.

Youmna El Sayed dari Al Jazeera, melaporkan dari Gaza, mengatakan Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Selasa bahwa setidaknya 20 lainnya terluka dalam serangan sebelum fajar di mana lebih dari 40 pesawat tempur Israel melakukan serangan selama hampir dua jam yang berakhir pada hari Selasa. pada pukul 02:00. (23:00 GMT Senin).

Ledakan yang menargetkan apartemen perumahan terdengar di berbagai bagian Gaza, kata El Sayed, menambahkan bahwa sebagian besar korban sipil adalah kerabat komandan PIJ. Dia mengatakan warga sipil di sekitar apartemen juga menjadi sasaran.

PIJ mengatakan tiga komandannya tewas dalam serangan udara dan bersumpah untuk “membalas” kematian tersebut. Almarhum diidentifikasi sebagai Jihad al-Ghannam, Khalil al-Bahtini dan Tariq Izz al-Deen.

Ketiganya tewas bersama istri dan beberapa anak mereka, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang tidak memberikan rincian jumlah wanita dan anak-anak yang terbunuh atau usia mereka.

Kerusakan akibat serangan rudal Israel di Rafah, selatan Jalur Gaza, pada 9 Mei 2023 (Ibraheem Abu Mustafa/Reuters)

Saksi mata mengatakan sebuah ledakan menghantam lantai atas sebuah gedung apartemen di Kota Gaza dan sebuah rumah di selatan kota Rafah, kantor berita Reuters melaporkan.

Militer Israel mengatakan serangan udara, dengan nama sandi “Operasi Perisai dan Panah”, menargetkan tiga anggota PIJ yang dikatakan bertanggung jawab atas roket baru-baru ini yang ditembakkan ke Israel.

Kepala Hamas Ismail Haniyeh mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “membunuh kepemimpinan dalam operasi berbahaya tidak akan membawa keamanan bagi penjajah, melainkan perlawanan yang lebih besar”.

Juru bicara kelompok yang berbasis di Gaza, Hazem Qassem, memperingatkan bahwa Israel “memikul tanggung jawab atas dampak dari eskalasi ini”.

Sementara itu, Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pada hari Selasa bahwa petugas medisnya telah merawat 145 orang yang terluka di Nablus menyusul serangan Israel di kota Tepi Barat yang diduduki. Selusin orang ditembak dengan peluru tajam dan banyak lainnya menghirup gas air mata, menurut Masyarakat Bulan Sabit Merah.

Pekan lalu, rudal Israel menghantam Jalur Gaza yang berpenduduk padat setelah roket ditembakkan ke wilayah Israel setelah kematian di penjara Israel dari penyerang kelaparan terkenal Palestina Khader Adnan.

Adnan, seorang aktivis yang berafiliasi dengan PIJ, meninggal setelah hampir tiga bulan mogok makan. Adnan menolak makan selama 87 hari yang bertentangan dengan penangkapannya tanpa dakwaan, menurut Perhimpunan Tahanan Palestina.

Pengeboman Israel pekan lalu merusak beberapa daerah di Gaza, termasuk al-Safina, al-Baydar dan dekat daerah al-Zaytoun, lapor Maram Humaid dari Al Jazeera.

Hashel Mubarak al-Swerki, ayah 11 anak berusia 58 tahun, meninggal setelah terluka parah oleh pecahan peluru dari serangan Israel di barat laut Kota Gaza. Lima orang lainnya juga terluka oleh rudal Israel di timur Beit Hanoun, di utara jalur yang dikepung.

Ketenangan dipulihkan setelah pejabat dari Qatar, Mesir dan PBB turun tangan untuk menengahi perjanjian gencatan senjata antara Israel dan faksi bersenjata Palestina, kata para pejabat.

Mengantisipasi roket Palestina yang akan diluncurkan pada hari Selasa sebagai tanggapan atas serangan udara, militer Israel mengeluarkan instruksi yang menasihati penduduk Israel dari komunitas dalam jarak 40 km (25 mil) dari Gaza untuk tetap berada di dekat tempat perlindungan bom yang telah ditentukan, lapor kantor berita The Associated Press.

COGAT, sebuah unit di kementerian pertahanan Israel yang mengoordinasikan urusan sipil dengan otoritas Palestina, mengatakan dua penyeberangan dengan Gaza ditutup untuk masuk dan keluar orang dan barang sampai pemberitahuan lebih lanjut, lapor Reuters.

slot gacor