Ukraina memukul mundur rudal Rusia yang ‘luar biasa’, serangan pesawat tak berawak di Kiev | Berita perang Rusia-Ukraina

Ukraina memukul mundur rudal Rusia yang ‘luar biasa’, serangan pesawat tak berawak di Kiev |  Berita perang Rusia-Ukraina

Setidaknya 10 ledakan terdengar oleh para saksi di Kiev ketika para pejabat mengatakan serangan udara Rusia sedang berlangsung.

Ibu kota Ukraina, Kyiv, terkena serangan udara Rusia yang mencakup drone serta rudal jelajah dan balistik dalam apa yang digambarkan oleh seorang pejabat militer Ukraina sebagai serangan “luar biasa” dengan jumlah rudal tertinggi yang ditembakkan dalam waktu singkat dan dari berbagai arah. oleh Moskow.

“Kepadatannya luar biasa – jumlah maksimum serangan rudal dalam waktu singkat,” Serhii Popko, kepala administrasi militer kota Kyiv, mengatakan dalam komentar yang diposting di aplikasi pesan Telegram. Serangan udara itu adalah yang kedelapan di ibukota sejauh bulan ini.

Panglima militer Ukraina Valerii Zaluzhnyi kemudian mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah menembak jatuh semua 18 rudal Rusia dari berbagai jenis yang diluncurkan dalam serangan terkonsentrasi.

Rusia meluncurkan enam rudal balistik Kinzhal, sembilan rudal jelajah Kalibr, dan tiga rudal jelajah darat Iskander, kata Zaluzhnyi di Telegram. Angkatan udara Ukraina juga menembak jatuh enam drone Shahed buatan Iran dan tiga drone pengintai.

Juru bicara Angkatan Udara Yurii Ihnat mengatakan rudal aero-balistik Kinzhal diluncurkan dari pesawat MiG-31K dan sembilan rudal jelajah Kalibr diluncurkan dari kapal di Laut Hitam. Bersamaan dengan tiga rudal jelajah darat, semuanya ditujukan ke ibu kota.

Dalam sebuah tweet, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov merayakan “keberhasilan luar biasa” menembak jatuh Kinzhal Rusia berteknologi tinggi dan rudal lainnya.

Peringatan serangan udara terdengar di seluruh Ukraina saat serangan Rusia dimulai.

Walikota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan di Telegram bahwa tiga orang terluka dan sebuah bangunan besar rusak di kota itu.

Ledakan dilaporkan terjadi di distrik kota Solomyanskyi, kata walikota, dan puing-puing berjatuhan di kebun binatang kota di distrik Shevchenkivskyi. Dalam postingan terpisah, Klitschko menambahkan bahwa puing-puing yang berjatuhan membakar beberapa mobil di Solomyanskyi.

Sebuah ledakan di Kiev selama serangan rudal dan drone Rusia pada 16 Mei 2023 (Gleb Garanich/Reuters)

“Tinggal di tempat penampungan!” tulis walikota di Telegram.

Sistem pertahanan udara juga menangkis serangan pesawat tak berawak di Boryspil, kata Klitschko, sebuah kota di tenggara Kiev yang merupakan rumah bagi bandara penumpang utama ibu kota yang sekarang ditutup.

Surat kabar Kyiv Independent melaporkan bahwa peringatan serangan udara terdengar di seluruh wilayah negara karena ancaman serangan rudal dari Rusia. Wartawan di organisasi berita melaporkan mendengar setidaknya 10 ledakan keras di atas ibu kota pada dini hari Selasa.

Saksi mata di Kiev juga melaporkan beberapa ledakan yang terdengar seperti sistem pertahanan udara yang menghancurkan benda, lapor kantor berita Reuters.

Ledakan rudal terlihat di langit di atas kota selama serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia di Ukraina, di Kyiv, Ukraina, 16 Mei 2023. REUTERS/Gleb Garanich
Sebuah ledakan terlihat di langit di atas ibu kota Ukraina, Kiev, selama serangan rudal dan drone Rusia pada 16 Mei 2023 (Gleb Garanich/Reuters)

Serangan Selasa pagi terjadi saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kembali ke Ukraina setelah perjalanan yang membawanya melintasi Eropa dan menerima janji baru dukungan militer dari sekutu di Roma, Berlin, Paris dan London.

Zelenskyy menggambarkan senjata baru yang dijanjikan oleh orang Eropa sebagai “penting dan kuat”.

Dalam pidato video dari kereta yang membawanya kembali ke Kiev, dia berkata: ‘Kami akan pulang dengan bantuan militer baru. Senjata yang lebih baru dan lebih kuat untuk bagian depan, lebih banyak perlindungan untuk rakyat kita. Dukungan politik yang lebih besar.”

Prancis menawarkan lusinan lebih banyak tank ringan dan kendaraan lapis baja, Jerman mengatakan sedang mempersiapkan paket bantuan militer baru senilai 2,7 miliar euro ($3 miliar), dan Inggris menjanjikan ratusan lebih rudal anti-pesawat dan drone serang jarak jauh.

Kremlin mengatakan tidak percaya janji perangkat keras militer baru akan mengubah jalannya perang.


akun demo slot