Yunani bersiap menghadapi pemilu yang bisa mengantarkan era politik baru | Berita Pemilu

Yunani bersiap menghadapi pemilu yang bisa mengantarkan era politik baru |  Berita Pemilu

Athena, Yunani – Partai konservatif yang berkuasa di Yunani, Demokrasi Baru, mengajukan tawaran kuat untuk masa jabatan kedua.

Tapi undang-undang pemilu baru dan bencana kereta api yang menewaskan 57 orang pada 28 Februari memperumit tugas itu.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang pemungutan suara pada 21 Mei:

Siapa yang berlari?

Tiga pihak utama tersebut adalah:

Demokrasi Baru bersumpah untuk membangun pemotongan pajak yang dia sampaikan dalam masa jabatan pertamanya dan mencapai pertumbuhan tahunan 3 persen, lebih banyak investasi asing langsung dan pengangguran di bawah 8 persen – turun dari 11,4 persen hari ini.

Anggaran pemerintah kembali ke surplus primer tahun lalu setelah krisis utang, tiga bailout dan pengawasan bertahun-tahun oleh pemberi pinjaman. Ia mengharapkan untuk mencapai status peringkat investasi AAA dengan lembaga pemeringkat tahun ini, yang akan menurunkan biaya pinjamannya. Itu juga berjanji untuk menghasilkan hampir semua listrik Yunani dari sumber terbarukan pada tahun 2027 untuk membuat negara itu lebih mandiri.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengandalkan peringkat persetujuan pribadinya yang tinggi. Dia dipuji atas penanganannya terhadap pandemi COVID-19, pertikaian pengungsi dengan Turki pada tahun 2020, dan krisis energi yang meletus akibat perang Ukraina. Yunani membayar subsidi energi per kapita tertinggi di Eropa setelah Jerman, menghabiskan 4,8 miliar euro ($5,27 miliar) tahun lalu.

Pemimpin partai sayap kiri Syriza Alexis Tsipras berbicara kepada para pendukungnya pada tahun 2015 setelah partai tersebut memenangkan pemilihan nasional (File: Marko Djurica/Reuters)

Syrizaatau Koalisi Radikal Kiri, yang kehilangan kekuasaan karena Demokrasi Baru pada 2019, mengkritik Mitsotakis tanpa henti.

Diyakini telah memihak orang-orang seperti pemimpin populis Hongaria Viktor Orban dan Perdana Menteri sayap kanan Italia Giorgia Meloni tentang kebijakan pengungsi, menuduhnya menutup mata terhadap penolakan ilegal pencari suaka di perbatasan dengan Turki.

Syriza juga menyebut tanggapan Mitsotakis terhadap skandal penyadapan tidak cukup. Tahun lalu, Mitsotakis memecat sepupunya dari jabatan tinggi pemerintah karena menandatangani izin menyadap telepon pemimpin Pasok Nikos Androulakis, dua anggota oposisi Parlemen Eropa dan setidaknya dua jurnalis. Dia juga mengeluarkan undang-undang baru untuk mempromosikan transparansi tentang operasi rahasia.

Tapi Syriza mengatakan dia mengkhianati kepercayaan publik dan menyerukan komite penyelidikan parlemen. Pemimpin partai Alexis Tsipras juga menyalahkan Demokrasi Baru sebagai satu-satunya yang bertanggung jawab atas langkah-langkah keamanan yang tidak memadai di jalur kereta api Yunani, yang menyebabkan kecelakaan kereta api pada bulan Februari yang menewaskan banyak mahasiswa.

Sebuah bank bertanda grafiti terbakar selama kerusuhan di Athena 8 Desember 2008. Pengunjuk rasa membakar sebuah department store besar di pusat kota Athena dan membakar pohon Natal raksasa kota di luar parlemen saat protes anti-pemerintah memburuk.  REUTERS/John Kolesidis (YUNANI)
Sebuah bank yang ditandai dengan luka bakar grafiti selama kerusuhan di Athena pada tahun 2008 setelah krisis keuangan global pecah (File: John Kolesidis/Reuters)

Masuk KINALGerakan untuk Perubahan-Gerakan Sosialis Panhellenic, pernah menjadi saingan utama Demokrasi Baru dan pada tahun 2009 memenangkan 44 persen suara populer. Itu jatuh ke kinerja pemilu satu digit setelah pemerintah mendukung pemotongan untuk menyeimbangkan anggaran setelah krisis keuangan global.

Pemimpin barunya, Nikos Androulakis, menawar untuk mendapatkan sebagian besar suara, menjanjikan transisi hijau dari batu bara dan gas alam, sistem perawatan kesehatan nasional yang kuat, transparansi, dan meritokrasi. Dia mencap Mitsotakis dan Tsipras tidak layak memimpin karena keduanya mendukung kebijakan penghematan selama krisis keuangan global pasca 2008, yang memiskinkan banyak orang Yunani. Dia menyebut kedua politisi itu sebagai “populisme dengan dasi dan populisme tanpa dasi”.

Androulakis menegaskan bahwa koalisi di mana dia berpartisipasi akan memilih pemimpin non-partai sebagai perdana menteri konsensus.

Bagaimana cara kerja pemungutan suara?

Partai harus memenangkan setidaknya 3 persen suara populer untuk masuk parlemen.

Mereka kemudian akan dialokasikan kursi parlemen dalam proporsi langsung dengan bagian suara mereka.

Kemungkinan besar akan mengarah ke parlemen yang digantung karena tampaknya tidak ada partai yang memiliki suara untuk mengklaim 151 kursi di majelis 300 kursi, dan tiga partai teratas mengatakan mereka tidak ingin bekerja sama – meskipun ini adalah standar. perilaku polarisasi sebelum pemilu.

Jika tidak ada partai yang dapat membentuk pemerintahan, pemilihan ulang akan diadakan pada awal Juli.

Mengapa pemilu itu penting?

Yunani telah berusaha menjadi ekonomi yang kompetitif sejak jatuhnya komunisme di Eropa.

Korupsi politik, birokrasi negara yang memberatkan, sistem hukum yang terbelakang, pendidikan publik yang bermasalah, pajak yang tinggi, dan populasi yang menua telah merusak upayanya untuk menarik dan mempertahankan investor, tetapi Athena telah mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini.

Pada tahun 2010, Yunani secara efektif bangkrut dan terpaksa menerima pinjaman darurat dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional dengan persyaratan yang ketat. Itu berhasil menyeimbangkan anggarannya, tetapi dengan biaya yang besar – kerugian kumulatif 25 persen dalam PDB, 28 persen pengangguran, dan hilangnya populasi lebih dari setengah juta pembayar pajak yang berpendidikan dan produktif.

Janji tanda tangan Demokrasi Baru pada tahun 2019 adalah untuk akhirnya mengatasi masalah endemik Yunani dan membangun ekonomi yang makmur yang akan berada di jalur yang tepat untuk menawarkan standar hidup rata-rata UE. Itu terhambat oleh pandemi COVID-19, pertempuran dengan Turki pada tahun 2020 dan biaya energi yang tinggi selama perang Ukraina. Dikatakan bahwa dengan istilah lain, akhirnya bisa memperbaiki penyakit Yunani.

Pemilihan ini juga penting karena sengketa Yunani dengan Turki atas perbatasan laut di Laut Aegea dan Mediterania timur semakin tegang. Ada peluang bagus bahwa AS dan UE akan menekan kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan atau mencari arbitrasi di Mahkamah Internasional. Administrasi yang berpengalaman, kata beberapa pengamat, akan menjadi kunci dalam mengelola front ini.

Masalah apa yang diinginkan orang Yunani untuk ditangani oleh politisi?

Kekhawatiran terbesar orang Yunani, menurut jajak pendapat, adalah inflasi dan ekonomi secara umum.

Statistik migrasi menunjukkan bahwa negara itu mengalirkan pemuda Yunani bergelar universitas ke pasar tenaga kerja Barat meskipun Demokrasi Baru berjanji untuk membalikkan arus.

Keamanan dengan negara tetangga Turki juga menjadi perhatian.

Apa kata jajak pendapat?

Demokrasi Baru memimpin dalam jajak pendapat dan diharapkan memenangkan sekitar 32 persen suara populer. Syriza, menyusul dengan perkiraan 27 persen.

Pasok-KINAL menempati urutan ketiga dengan sekitar 9 persen. Partai Komunis Yunani, KKE, memberikan suara dengan luar biasa tinggi 6 persen.

Sekelompok partai kecil juga bisa menggosok ambang batas 3 persen untuk masuk parlemen. Jika mereka mencapai ini, mereka akan mengambil kursi yang seharusnya dibagikan kepada partai-partai yang lebih besar sesuai dengan porsi suara mereka, mengurangi peluang mereka untuk membentuk mayoritas partai tunggal.

Partai-partai kecil ini termasuk Diem25 dengan dukungan 4,5 persen dalam jajak pendapat. Partai sayap kiri yang mengganggu didirikan oleh mantan menteri keuangan Syriza Yianis Varoufakis, yang percaya Yunani harus meninggalkan euro dan merebut kembali kedaulatan keuangannya dengan kembali ke drachma.

Solusi Yunani memberikan suara sebesar 3,5 persen. Pemimpin partai Russophile, religius, populis biasa menjual dokumen yang diklaimnya sebagai surat asli yang ditulis oleh Yesus kepada murid-muridnya.

Terakhir, ada Partai Nasional Yunani yang diprediksi akan mengamankan sekitar 3 persen. Itu didirikan oleh neofasis Ilias Kasidiaris, yang saat ini menjalani hukuman 13 tahun penjara karena membantu memimpin partai Fajar Emas, yang dihukum pada tahun 2020 sebagai organisasi kriminal.

Togel Singapore