Bagaimana keluarga saya dan saya meninggalkan segalanya dan melarikan diri dari Sudan ke Mesir | Politik

Bagaimana keluarga saya dan saya meninggalkan segalanya dan melarikan diri dari Sudan ke Mesir |  Politik

Pada pagi hari tanggal 19 April, Siang Abdel Bassit dan keluarganya naik bus di ibu kota Sudan, Khartoum. Itu adalah awal dari perjalanan 48 jam untuk mencari keselamatan di Mesir. Mahasiswa kedokteran berusia 21 tahun itu berbicara kepada Al Jazeera tentang mengapa keluarganya memutuskan untuk melarikan diri dan mengapa mereka tidak dapat melewati perbatasan dengan aman. Akunnya telah diedit untuk panjang dan kejelasan.

Tidak ada yang tahu perang ini akan dimulai. Konflik dimulai dengan sangat tiba-tiba. Bahkan pada hari kami bangun, saudara-saudara saya akan kuliah, ibu saya sedang berpakaian untuk pergi bekerja.

Kemudian, tiba-tiba, orang-orang mulai menelepon dan mengatakan bahwa sedang terjadi penembakan, bahwa negara tidak aman dan tidak ada yang boleh pindah.

Pada malam hari pertama mereka mulai membom dan menggunakan jet tempur – dan saat itulah menjadi sangat menakutkan.

Kami semua tinggal di dalam rumah, dan setiap jam kami mendengar suara tembakan, bom, dan misil ditembakkan ke seluruh penjuru kota. Rumah kami akan bergetar sehingga sangat sulit bagi kami untuk mencoba menjalani kehidupan normal kami.

Kami tidak bisa pergi. Kami tidak bisa pergi kemana-mana. Kami mencoba mengisi kembali makanan dan air, tetapi semua supermarket dan toko tutup.

Pada hari keempat kami terbangun karena serangan rudal menghantam rumah kami. Semua jendela dan pintu kami pecah. Rumah kami rusak parah.

Saat itulah kami berpikir, oke, apa pun yang terjadi, tidak ada gunanya kami kehilangan nyawa karenanya. Jadi saat itulah kami memutuskan bahwa kami harus mengungsi.

Buat persiapan untuk berangkat

Kami tidak punya banyak pilihan untuk pergi. Entah itu jalan menuju perbatasan Mesir atau pergi mencari perlindungan di salah satu desa atau kota di luar Khartoum.

Ibuku meramalkan bahwa kerusuhan ini akan menyebar ke luar kota, jadi pilihan yang aman bagi kami adalah pergi ke Mesir.

Kami mulai melakukan penelitian kami. Saat itu kami tidak tahu siapa pun yang pergi. Setiap kali kami menyebutkannya kepada siapa pun atau bertanya apakah mereka ingin ikut dengan kami, mereka menganggap kami gila.

Pada akhirnya tidak terlalu banyak mengatur.

Kami naik bus pada hari kelima konflik tanpa memikirkan konsekuensi atau apa yang mungkin terjadi – dan pergi begitu saja.

Bus yang membawa keluarga Abdel Bassit ke perbatasan Mesir
Bus yang membawa keluarga Abdel Bassit ke perbatasan Mesir (milik Noon Abdel Bassit/Al Jazeera)

Perjalanan ke perbatasan Mesir

Kami hampir tidak mengemas apa pun. Setiap orang hanya membawa ponsel, laptop, sejumlah uang, dan beberapa pasang pakaian.

Kami berkendara ke Soba, yang saat ini merupakan lingkungan Khartoum yang relatif lebih aman.

Di situlah sopir bus menjemput kami. Kami naik bus yang rutin bepergian ke Mesir dan menyewa satu untuk anggota keluarga dan teman keluarga kami yang berkapasitas 50 orang.

Kami menyewa bus seharga 2 juta pound Sudan, yang berarti 50.000 per orang, kurang dari $100. Namun kini harga tersebut telah meningkat drastis. Orang membayar hingga 40 juta per bus dan mereka bahkan tidak mendapatkan bus.

Dalam perjalanan kami dihentikan oleh tiga pos pemeriksaan, sekali oleh pasukan pendukung cepat paramiliter dan kemudian dua kali oleh tentara Sudan.

Mereka semua berjalan sangat lancar karena ketika kami pergi ada gencatan senjata. Mereka hanya bertanya dari mana kami berasal dan ke mana kami akan pergi. Ketika mereka menyadari bahwa kami adalah keluarga dan ada anak-anak dan orang tua bersama kami, mereka membiarkan kami pergi.

Kami meninggalkan Khartoum pada jam 10 pagi dan mencapai perbatasan pada jam 2 pagi. Pada saat kami benar-benar menyeberang ke Mesir, sekitar jam 6 pagi.

Satu perbatasan, aturan visa berbeda

Semua wanita Sudan, anak-anak dan orang tua di atas 50 tahun dapat memasuki Mesir tanpa visa. Hanya pria berusia 16 hingga 49 tahun yang membutuhkan visa sebelum memasuki Mesir.

Sayangnya kami harus meninggalkan saudara laki-laki saya dan dua paman saya yang sekarang sedang berusaha mendapatkan visa.

Kota Sudan di mana perbatasan berada disebut Halfa. Ada konsulat yang mengeluarkan visa untuk orang yang menyeberang. Mereka diberitahu itu akan dibuka kemarin, tetapi masih belum terbuka.

Mereka menunggu sampai pagi ini, tetapi masih belum terbuka. Sekarang tersebar kabar bahwa itu tidak akan dibuka sama sekali karena perang, jadi hanya ada ratusan orang di perbatasan sekarang.

Pria Sudan yang membawa kewarganegaraan lain dan orang asing pada umumnya yang membawa kewarganegaraan Amerika, Inggris, atau Eropa lainnya dapat memperoleh visa saat kedatangan seharga $25.

Grup kami terdiri dari orang Amerika, Swedia, dan Irlandia yang semuanya bisa mendapatkan visa pada saat kedatangan.

Itulah salah satu alasan lain mengapa kami sangat kesal. Mengapa seseorang dengan kewarganegaraan asing dapat memperoleh visa pada saat kedatangan tetapi seorang pria Sudan yang biasanya mendapatkan visa mereka secara gratis tidak diperbolehkan mendapatkan visa pada saat kedatangan dan harus dikirim kembali?

Keluarga itu harus menunggu beberapa jam di perbatasan Sudan-Mesir
Keluarga harus menunggu berjam-jam di perbatasan Sudan-Mesir (milik Noon Abdel Bassit/Al Jazeera)

Jadi setelah kami melewati perbatasan, butuh empat jam lagi untuk sampai ke kota terdekat, Aswan. Di sana kami diturunkan di terminal bus. Kami naik taksi untuk sampai ke stasiun kereta dan harus menunggu beberapa jam sampai kereta berikutnya. Kemudian kami naik kereta 14 jam ke Kairo.

Salah satu kerabat saya menyewa sebuah apartemen di Kairo, jadi kami semua tinggal di sini.

Sampai sekarang, kami belum benar-benar memikirkan apa yang akan kami lakukan selanjutnya. Kami ingin memastikan bahwa saudara laki-laki dan paman saya datang ke sini terlebih dahulu.

Kami hanya menghubungi mereka sebentar karena layanan internet sangat buruk. Sampai hari ini, kami belum dapat menghubungi mereka sama sekali.

Sebuah pesan untuk sesama orang Sudan dan dunia

Tip pertama yang selalu saya sampaikan kepada siapa pun yang berpikir untuk melakukan perjalanan yang sama adalah jangan terlalu memikirkannya. Saya tahu ini perjalanan yang menakutkan, tetapi percayalah pada insting Anda dan lakukanlah.

Kemasi dengan ringan dan pastikan Anda memiliki air minum yang cukup karena perjalanannya sangat panjang dan sangat panas dan kering di padang pasir.

Miliki makanan ringan, kotak P3K dan, tentunya untuk wanita, syal dan pakaian yang sopan.

Sementara itu, kami menyerukan kepada komunitas internasional dan pemerintah untuk membantu Sudan. Lebih banyak kantor berita perlu mendengarkan kami dan berbagi cerita kami.

Kami juga menyerukan kepada pemerintah Mesir untuk membatalkan semua persyaratan visa, setidaknya untuk saat ini, agar orang Sudan dapat melintasi perbatasan ini dengan aman.

Situasi di perbatasan sekarang sangat-sangat kacau. Orang-orang terjebak di sana selama 24 jam dengan bayi dan orang tua.

Jumlah bus yang masuk sangat banyak, dan situasinya sangat memprihatinkan.

Kami butuh bantuan.

Pemandangan dari jendela sepanjang perjalanan keluarga
Pemandangan dari jendela bus sepanjang perjalanan keluarga (milik Noon Abdel Bassit/Al Jazeera)