Barcelona mengalahkan Espanyol untuk memenangkan La Liga pertama sejak Messi pensiun | Berita Sepak Bola

Barcelona mengalahkan Espanyol untuk memenangkan La Liga pertama sejak Messi pensiun |  Berita Sepak Bola

Lewandowski membantu Barcelona mengamankan gelar La Liga ke-19, tetapi perayaan itu terhenti karena para penggemar Espanyol menyerbu lapangan.

Barcelona merayakan gelar liga Spanyol pertama mereka sejak Lionel Messi meninggalkan klub sepak bola dua tahun lalu di tengah kesulitan keuangan klub.

Klub Spanyol mengamankan kemenangan 4-2 atas Espanyol pada hari Minggu dalam pertandingan yang melihat penggemar Espanyol menyerbu lapangan di akhir pertandingan dan memaksa pemain Barcelona untuk pergi ke ruang ganti mereka.

Robert Lewandowski mencetak dua gol untuk memimpin klub Catalan meraih gelar liga pertama mereka sejak 2019. Judul dijamin dengan empat putaran tersisa.

Terakhir kali Barcelona merayakan gelar liga tanpa Messi di timnya adalah pada 1998-99. Dia masuk ke tim utama pada 2004-05 dan memenangkan gelar musim itu.

Perayaan di lapangan berumur pendek karena para pemain harus bergegas ke ruang ganti setelah sekelompok besar penggemar Espanyol dari divisi ultra di belakang salah satu gawang mulai berlari ke arah pemain Barcelona yang bernyanyi dan merayakan di tengah.

Penjaga keamanan dengan cepat turun tangan, tetapi polisi anti huru hara harus berdiri di depan pintu masuk terowongan untuk mencegah para penggemar masuk. Para penggemar melemparkan kursi dan benda lainnya.

Alejandro Balde dan Jules Koundé juga mencetak gol untuk Barcelona, ​​​​yang kini mengoleksi 27 gelar liga, delapan lebih sedikit dari Real Madrid. Atletico Madrid yang berada di posisi ketiga tertinggal 16 poin setelah kalah 1-0 dari Elche yang berada di posisi terakhir pada hari sebelumnya.

Penggemar Barcelona merayakan di jalan setelah tim mereka memenangkan kejuaraan La Liga Spanyol dengan mengalahkan rival sekota Espanyol di Barcelona
Fans merayakan di jalan setelah Barcelona memenangkan kejuaraan La Liga Spanyol, di Barcelona, ​​​​Spanyol, 14 Mei 2023 (Joan Mateu Parra/AP Photo)

‘Perasaan Indah’

Kemenangan atas rival sekota Espanyol memberi Barcelona 85 poin yang tak terbantahkan dari 34 pertandingan, 14 poin lebih banyak dari Madrid, yang menang 1-0 di Getafe pada Sabtu.

Barcelona telah memimpin sejak putaran ke-13 dan memiliki pertahanan terbaik liga dengan kebobolan 13 gol – 14 lebih banyak dari klub lain. Mereka juga memiliki 25 clean sheet.

“Ini perasaan yang hebat, perasaan yang baik,” kata pelatih Barcelona Xavi. “Penting untuk memberikan stabilitas pada proyek klub. Gelar liga menunjukkan bahwa segala sesuatunya telah dilakukan dengan cara yang benar dan kami harus tetap berada di jalur ini.”

Barcelona telah memenangkan delapan gelar liga dalam 11 musim hingga 2019. Mereka finis kedua setelah Madrid pada 2020, kemudian ketiga – di belakang Madrid dan juara Atletico – pada 2021. Mereka berada di urutan kedua setelah Madrid musim lalu.

Gelar pertama Barcelona tanpa Messi datang pada bulan Januari di Piala Super Spanyol.

Klub belum memenangkan trofi besar sejak presiden Joan Laporta turun tangan untuk merestrukturisasi hutang mereka dan merombak skuad dengan pemain seperti Lewandowski, Jules Koundé dan Raphinha. Laporta merayakannya bersama para pemain di ruang ganti.

Lewandowski membuka skor pada hari Minggu di menit ke-11 dari jarak dekat setelah mendapat umpan silang dari Alejandro Balde. Bek kiri berusia 19 tahun itu menambah keunggulan sembilan menit kemudian setelah mendapat umpan dari Pedri dan mencetak gol liga pertamanya bersama klub.

Lewandowski, pencetak gol terbanyak liga dengan 21 gol, menambahkan gol keduanya di menit ke-40 setelah menerima umpan silang rendah dari Raphinha saat melepaskan diri. Koundé mencetak gol keempat di menit ke-53 melalui sundulan setelah umpan panjang dari Frenkie de Jong. Itu juga merupakan gol liga pertamanya bersama klub.

Selamat tinggal Busquets yang manis

Kemenangan tersebut akan menjadi momen emosional bagi kapten Sergio Busquets, yang pekan lalu mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan Barca pada akhir musim setelah 15 tahun.

Itu adalah gelar LaLiga kesembilan sang gelandang dan ke-32 secara keseluruhan bersama klub, dengan trofinya juga termasuk tiga Liga Champions, tujuh Copa del Rey dan tiga Piala Dunia Klub FIFA, serta Piala Dunia 2010 dan Kejuaraan Eropa 2012 sukses bersama Spanyol.

“Saya senang, saya pikir kami menjalani musim yang spektakuler dan mengakhirinya hari ini dengan kemenangan yang luar biasa,” kata Busquets kepada Movistar Plus.

“Kami adalah tim yang solid, grup yang diminyaki dengan baik dengan pertahanan yang sangat baik dan begitulah cara juara dibangun.

“Saya bangga dengan apa yang telah kami lakukan sepanjang musim, menjadi solid dan teratur, memenangkan pertandingan yang kami butuhkan dan tidak kehilangan poin. Itu adalah musim yang luar biasa dan saya sangat senang mengakhiri sejarah saya dengan cara ini.”

Harapan kelangsungan hidup Espanyol pupus

Kekalahan itu merupakan pukulan besar bagi Espanyol dalam perjuangan mereka melawan degradasi. Mereka tetap di urutan kedua dari terakhir, empat poin dari zona aman.

Espanyol hanya menang sekali dalam 10 pertandingan liga terakhir mereka, dengan hasil imbang dan delapan kekalahan. Terdegradasi untuk pertama kalinya dalam hampir tiga dekade pada tahun 2020, mereka kembali ke papan atas dalam upaya pertama mereka sebagai juara divisi dua.

Javi Puado mencetak gol pertama Espanyol pada menit ke-73 dan Joselu menambahkan gol kedua pada menit akhir ketika para pemain Barcelona bersiap untuk merayakannya.


live rtp slot