Sheikh Jassim dari Qatar mengajukan tawaran terakhir untuk Manchester United | Berita Sepak Bola

Sheikh Jassim dari Qatar mengajukan tawaran terakhir untuk Manchester United |  Berita Sepak Bola

Tawaran Sheikh Jassim akan memberikan angka yang dirahasiakan kepada pemilik dan investasi tambahan langsung ke klub.

Doha, Qatar – Pengusaha Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani telah mengajukan tawaran ketiga dan terakhirnya untuk membeli Manchester United Football Club, kata perwakilannya kepada Al Jazeera.

Tawaran Jassim diajukan menjelang tenggat waktu Jumat malam (21:00 GMT) yang ditetapkan oleh pemilik klub saat ini, keluarga Glazer dari Amerika Serikat.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa Sheikh Jassim telah mengajukan tawaran terakhirnya untuk MUFC,” kata perwakilannya kepada Al Jazeera, Sabtu.

Jassim adalah ketua bank Qatar terkemuka dan putra mantan perdana menteri Qatar.

“Tawaran bebas hutang” dari penggemar United seumur hidup, pertama kali diajukan pada bulan Februari, mencari kepemilikan penuh atas klub.

Perwakilannya mengatakan bahwa selain menawarkan angka yang dirahasiakan untuk membeli klub – uang masuk ke penjual – proposal Jassim juga termasuk “rencana untuk menambah modal tambahan yang signifikan dan investasi infrastruktur langsung ke klub untuk diinvestasikan (bukan untuk penjual)”.

Miliarder Inggris Jim Ratcliffe adalah satu-satunya pihak yang mengajukan penawaran sebelum batas waktu hari Jumat, menurut sebuah laporan oleh penyiar negara Inggris BBC.

Ratcliffe, pendiri dan kepala konglomerat bahan kimia INEOS, dikatakan mencari 69 persen kepemilikan klub, persentase yang sama dipegang oleh Glazers.

Tawaran pengusaha Qatar itu diajukan melalui Yayasan Sembilan Dua miliknya dan menjanjikan masa depan cerah bagi klub jika berhasil, termasuk “investasi dalam tim sepak bola, pusat pelatihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas, pengalaman suporter, dan komunitas klub pendukung”. .

Dengan mengusulkan untuk mengambil alih, Jassim berencana mengembalikan klub ke kejayaannya di dalam dan di luar lapangan.

penggemar Manchester United
Fans Manchester United memasang spanduk anti-Glazer di kerumunan di Old Trafford, Manchester (File: Oli Sarff / AFP)

‘Tawaran mencerminkan ambisi Qatar’

Tawaran Jassim tidak mengejutkan para ahli yang mengatakan hal itu sejalan dengan ambisi negaranya untuk dilihat sebagai kekuatan olahraga.

Ketertarikannya pada Manchester United menunjukkan bahwa Qatar sedang memulai fase berikutnya dari ambisi ini, menurut Ross Griffin, asisten profesor di Universitas Qatar yang minat penelitiannya mencakup penggambaran dunia Arab di media Barat dan hubungan antara olahraga dan masyarakat pascakolonial. termasuk .

“Ambisi Qatar (dalam olahraga) terbagi menjadi dua cabang,” katanya.

“Yang pertama akan terus fokus pada Qatar yang menjadi tuan rumah acara olahraga seperti Piala Asia 2024 dan Asian Games 2030, sementara potensi pembelian klub sepak bola Liga Premier akan menjadi bagian dari cabang kedua.”

The Glazers mengumumkan rencana untuk menjual klub November lalu dan proses penawaran dimulai pada Februari. Mereka dilaporkan ingin menjual seharga 6 miliar pound ($ 7,5 juta), biaya rekor untuk klub olahraga.

Perwakilan Jassim mengatakan “sekarang saatnya bagi penjual untuk membuat keputusan tentang bagaimana mereka akan melanjutkan” proses penawaran.

The Glazers belum mengonfirmasi kapan proses akan ditutup atau apakah klub akan berpindah tangan sama sekali.

Keluaran SGP Hari Ini