Trudeau mengunjungi personel militer untuk memerangi kebakaran hutan di Alberta | berita lingkungan

Trudeau mengunjungi personel militer untuk memerangi kebakaran hutan di Alberta |  berita lingkungan

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau melakukan perjalanan ke Alberta untuk menunjukkan dukungan bagi personel militer yang dikirim ke provinsi barat untuk memerangi kebakaran hutan yang masih berkobar dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Trudeau tiba di ibu kota provinsi Edmonton pada hari Kamis untuk mendapatkan kabar terbaru tentang upaya pemadaman kebakaran.

Tentara Kanada dikirim minggu lalu untuk membantu upaya pemadaman kebakaran dan pemulihan, dan lebih banyak tentara diharapkan bergabung dalam beberapa hari mendatang, menurut pemerintah Alberta.

Anggota militer Kanada “telah dikerahkan untuk memberikan dukungan pemadam kebakaran, membantu mengevakuasi masyarakat yang terisolasi dan memastikan orang-orang aman”, cuit Trudeau setelah kunjungannya.

“Hari ini kami mampir untuk menerima pembaruan dari mereka yang ada di lapangan – dan berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan yang mereka lakukan.”

Kebakaran yang meluas menandai awal musim kebakaran yang intens di provinsi kaya minyak itu, yang pada satu titik memaksa lebih dari 30.000 orang meninggalkan rumah mereka dan produksi setidaknya 319.000 barel setara minyak per hari, atau 3,7 persen dari produksi nasional. produksi, meningkat. .

11 hari pertama bulan Mei menetapkan rekor panas musiman di beberapa bagian Alberta, termasuk Edmonton, menurut Lingkungan dan Perubahan Iklim Kanada.

Prakiraan untuk provinsi tersebut menunjukkan cuaca dingin yang bergerak hingga Selasa malam yang akan membawa angin kencang, sedikit kemungkinan badai petir, tetapi tidak banyak hujan, kata Sara Hoffman, seorang ahli meteorologi dari Environment Canada.

“Kami sangat prihatin dengan kemungkinan terjadinya dry lightning di wilayah yang sudah memiliki risiko kebakaran cukup tinggi,” ujar Hoffman. Kondisi panas dan kering diperkirakan akan meningkat lagi mulai Jumat dan kemungkinan besar tidak akan mereda hingga setidaknya awal minggu depan.

Hingga Senin sore, 87 kebakaran hutan masih terjadi di provinsi tersebut, menurut kebakaran di Alberta pelacak datadengan 25 di antaranya dianggap tidak terkendali.

Lebih dari 19.000 orang juga telah dievakuasi dari rumah mereka pada hari Minggu, dibandingkan dengan 16.500 pada hari Jumat.

Bill Blair, menteri kesiapsiagaan darurat Kanada, mengatakan kepada wartawan Senin sore di Edmonton bahwa kondisi cuaca, terutama suhu yang sangat tinggi, memainkan peran besar dalam kebakaran yang sedang berlangsung.

“Aktivitas kebakaran di sini di Alberta dimulai lebih awal dari biasanya. Hampir tidak pernah terjadi sebelumnya tingkat aktivitas kebakaran di provinsi ini,” kata Blair.

“Tampaknya kondisi yang panas, kering, dan berangin ini dapat terjadi dalam beberapa hari, dan jelas kami berada di sini untuk jangka panjang.”

Asap mengepul dari kebakaran hutan di Alberta, Kanada.
Asap mengepul dari kebakaran hutan di dekat batas Taman Nasional Wood Buffalo di luar Fox Lake, Alberta, 14 Mei 2023 (Alberta Wildfire/Handout via Reuters)

Banyak ahli telah menunjuk perubahan iklim sebagai faktor yang memperburuk peristiwa cuaca ekstrem seperti kebakaran hutan, gelombang panas, dan badai tropis di seluruh dunia.

Pada tahun 2016, kebakaran hutan di wilayah pasir minyak Alberta mengganggu produksi minyak, memaksa 100.000 penduduk dari Fort McMurray dan merugikan perekonomian Kanada.

Gelombang panas yang brutal di provinsi paling barat British Columbia di negara itu pada tahun 2021 mengakibatkan ratusan kematian. Panas juga memicu lusinan kebakaran hutan, memaksa evakuasi dan membakar seluruh komunitas hingga rata dengan tanah.

Pejabat Kebakaran Hutan Alberta Josee St-Onge mengatakan pada pengarahan hari Minggu bahwa periode puncak kebakaran untuk Alberta, “yaitu saat suhu tertinggi dan bahan bakar paling kering, masih di depan kita.”

“Terlalu dini untuk mengatakan kapan kita akan melihat puncak musim kebakaran ini,” kata St-Onge. “Kami akan terus ditantang.”


Keluaran SGP